Sunday 13 December 2015

ANALISA DAN PERANCANGAN E-COMMERCE DENGAN MENGGUNAKAN MODEL UML PADA CV MEDIA KOMPUTER



ABSTRAK

Aplikasi perangkat lunak komputer telah berkembang pesat pada dekade ini, demikian pula dengan aplikasi web, browser, dan internet / aplikasi intranet. E-commerce telah lama berkembang sejak saat EDI (Electronic Data Interchange) yang digunakan dalam bisnis internasional.

Analisis ini makalah dan desain e-commerce untuk CV. Media Komputer dikembangkan dengan menggunakan model Unified Modelling Language (UML). Desain e-commerce aplikasi akan menjelaskan arsitektur sistem, tool dan konfigurasi yang diperlukan untuk menerapkan aplikasi webe-commerce, pertimbangan keamanan sistem, aplikasi desain flow diagram, dan desain database. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP karena mudah digunakan, memiliki banyak fitur untuk implementasi e-commerce, kemampuan untuk melintasi platform, juga mudah untuk menyebarkan aplikasi. Sistem ini memungkinkan pelanggan untuk mengakses aplikasi e-commerce melalui internet berdasarkan identitas pelanggan. sistem informasi ini  memberikan informasi dari database, akses bagi pelanggan. Sistem dapat mengirim dengan cepat pengumuman informasi produk dan transaksi kepada pengguna. Sistem informasi disajikan dalam keranjang dari produk yang akan diterima oleh pelanggan berdasarkan produk pesanan dan metode pembelian yang diajukan oleh pengguna ke sistem informasi.

Kata Kunci : UML, e-commerce dan sistem informasi

I. PENDAHULUAN



Gaya hidup manusia dari waktu ke waktu senantiasa menghendaki keadaan yang makin efesien dan efektif, bahkan untuk urusan belanja sekalipun. Untuk urusan berbelanja ini, maka salah satu keunggulan baru dari Internet yang kini digemari banyak orang adalah E-Commerce. E-Commerce membeli atau menjual secara elektronik, kegiatan ini dilakukan pada jaringan Internet. Fasilitas E-Commerce menawarkan berbagai kemudahan dalam melakukan transaksi di internet. Toko-toko on-line bertambah dari waktu ke waktu dan mudah dijumpai dengan berselancar via internet. Dari kacamata bisnis, ini semua melahirkan peluang bagi para pengusaha, dimana akan memungkinkan kontak yang lebih intensif baik kepada pelanggan maupun calon pelanggan. Sebagai bentuk respon terhadap peluang pasar, maka internet pun menjadi media alternatif bagi banyak perusahaan untuk menawarkan, melaklukan transaksi, dan mempromosikan produk barang atau jasanya.
Pemanfaatan media internet untuk keperluan perdagangan pemasaran, dan bisnis ini kemudian populer dengan sebutan Electronik Commerce (E-commerce)[2]. E-Commerce merupakan respon terhadap perkembangan teknologi internet yang sangat cepat berubah menjadikan strategi atau model bisnis yang cocok untuk saat ini. Disamping perencanaan yang baik serta harapan yang realistis terhadap teknologi baru, juga diperlukan kesiapan infrastruktur yang cukup memadai dan visi yang komprehensif untuk dapat berjalan melewati ketidakpastian dan perubahan yang berlangsung cepat. Rentang jangkauan internet untuk mencapai pelanggan baru, melalui E-Commerce akan berjalan dengan efesien dan efektif karena disertai dengan ekonomisasi dalam pembiayaan (costing) yang cukup nyata terasa. Bagaimanapun, kehadiran internet walaupun masih merupakan industri baru yang dalam fase pertumbuhan, yang masih terus berubah serta penuh ketidakpastian, telah memperkokoh keyakinan akan pentingnya peranan teknologi.
Pencapaian tujuan financial perusahaan memulai modifikasi dan efesiensi proses bisnis dengan realistis dapat dikatrol oleh teknologi, yaitu dengan memanfaatkan E-Commerce. Distribusi dan pelayanan pelanggan (costumer service) merupakan keuntungan yang potensial untuk diperoleh organisasi bisnis dengan memindahkan nilai perdagangan (commerce value) ke media Internet. Sebagai instrumen yang dapat diandalkan dalam dunia internet, maka popularitas E-Commerce semakin meningkat seiring dengan makin bertambahnya jumlah pengguna internet. Transaksi e-commerce untuk barang-barang dagangan di Internet maupun melalui media elektronik lainnya, menyajikan produk komputer, produk konsumer, buku dan majalah, musik dan produk entertainment (audio, video, TV)[1]. Sebuah permulaan yang baik untuk membangun community yang bukan mustahil berlanjut ke focus groups dan e-commerce bisnis ke bisnis. Berdasarkan uraian penjelasan diatas penulis mencoba merancang sebuah E-commerce yang memudahkan pemesanan komputer melalui media internet pada sebuah perusahan penjualan Komputer yaitu CV. Media Komputer.
CV Media Komputer adalah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan dan pembelian perangkat komputer, untuk memberikan pelayanan yang baik ke konsumen diperlukan perubahan sistem yang semula bersifat manual menjadi berbasis e-commerce, karena para konsumen yang merupakan pelanggan tetap perusahaan ada diluar kota Medan. Dengan demikian untuk mempermudah melakukan transaksi perlu adanya sistem berbasis web. Berdasarkan uraian tersebut maka penulis memilih judul “Analisa dan Perancangan E-Commerce dengan menggunakan model UML Pada CV Media Komputer”.
Masalah yang terjadi selama ini apabila ada konsumen yang ingin memesan perangkat komputer melalui  telepon sering terjadi kesalahan mengenai spesifikasi barang yang dipesan disamping itu bagi pelanggan yang  berada diluar kota Medan ingin melihat dan melakukan transaksi penjualan yang diadakan CV Media komputer harus datang ke Medan. Hal ini membuat konsumen yang ada diluar kota harus data langsung ke CV Media komputer. Melihat kendala ini penulis merumuskan masalah dalam penelitian ini:
  1. Bagaimana merancang model sistem informasi berbasis web di CV Media komputer menggunakan UML diagram?
  2. Bagaimana cara penyampaian informasi dapat dilakukan secara on line untuk penawaran-penawaran komputer dan perangkat komputer?
  3. Bagaimana metode pembayaran yang dipilih pengguna pada model apalikasi e-commerce CV Media Komputer ?
  4. Bagaimana keamanan data transaksi dibangun pada aplikasi e-commerce CV Media Komputer?

II. METODE PENELITIAN

1.Metodologi Pengumpulan Data
Data dikumpulkan dari berbagai sumber yang ada. Adapun Metodologi pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah :
a. Study Literatur : Penelitian yang dilakukan dengan cara mempelajari teori-teori/literatur dan buku-buku ilmiah dan referensi-referensi yang berhubungan perdagangan elektronik atau Electronic Commerce dan aplikasi teknologi berbasis web yang akan digunakan untuk transaksi produk pada perusahaan yang bersifat on-line.
b. Pengamatan Langsung (Observasi), teknik ini dilakukan untuk mengetahui secara langsung sistem penawaran produk, transaksi yang dilakukan dan bentuk pembayaran yang akan digunakan.

2. Identifikasi Masalah
Pada tahap ini dimulai dengan mempelajari sistem penjualan dan pemesanan perangkat komputer oleh pelanggan yang dilakukan secara manual  pada CV Media Komputer Medan. Masalah yang terdapat dalam penelitian ini dapat dikembangkan dengan sistem berbasis web yaitu dengan E-Commerce. E-Commerce dengan aplikasi yang dibangun membantu pelanggan yang tinggal jauh dari perusahaan tidak perlu datang ke CV Media Komputer dan susahnya mencari informasi spesifikasi perangkat komputer yang diinginkan pelanggan dengan harga yang ditawarkan.

3.Metode Analisa Masalah
a. Metode Diskriptif
Pada metode ini data yang ada di kumpulkan, disusun, dikelompokkan, dianalisa sehingga diperoleh beberapa gambaran yang jelas pada masalah penelitian tersebut.
b. Metode Komperatif
Pada metode ini penganalisaan di lakukan dengan cara membandingkan teori dan praktek sehingga diperoleh gambaran yang jelas tentang persamaan dan perbedaan diantara keduanya. 

4.Desain
Pada tahap ini akan dilakukan men-disain/ merancang dan metode Business to Consumer (B2C, retail) dan Business to Business   untuk sistem        E-Commerce yang akan diterapkan di CV Media Komputer. Model sistem yang digunakan untuk merancang aplikasi E-Commerce CV Media Komputer adalah dengan UML dan Diagram Activity. Sistem transaksi yang dilakukan berbasis web dan akan menggunakan Enkripsi untuk keamanan data. Metode enkripsi yang dipakai adalah SSL. Secure Sockets Layer (SSL) merupakan implementasi yang bersifat gratis dan open source, sudah tersedia Open SSL project (http://www.openSSL.org). Dengan adanya enkripsi data lalu lintas data terlindungi dengan aman. Begitu pula dengan data-data kategori pilihan dan setiap pengunjung atau pelanggan dienkripsi dengan menggunakan teknologi md5 dari RSA Inc.

5.Implementasi
Setelah tahap pengujian benar-benar selesai maka penulis akan melanjutkannya pada tahap berikutnya adalah implementasi sistem yang telah dibangun, pada tahap ini akan dilakukan sebagai berikut :
1.      Install sistem transaksi perdagangan berbasis web atau E-Commerce
2.      Upload database ke web server
3.      Membuat user pelanggan dan Admin
4.      Login dengan user masing-masing
5.      Sistem siap digunakan

6.Uji Coba sistem
Penelitian dan pengujian yang dilakukan di CV Media Komputer adalah untuk mempraktekkan hasil dari analisa yang bertujuan untuk menguji kebenaran dari sistem yang dirancang. Spesifikasi peralatan atau alat bantu penelitian yang penulis gunakan untuk membangun sistem transaksi perdagangan berbasis web, antara lain:
Hardware :
  1. Laptop HP Compaq
  2. Processor Intel P4 Mobile 1.86 GHz
  3. Harddisk 40 GB.
  4. Memori 512
Software :
  1. Microsoft Windows XP Profesional
  2. PhpTriad
  3. Macromedia dreamweaver 8.
  4. MySql client dan Server
  5. Appserv-win32-2.4.7.exe
  6. HMailServer-4.4.1-B273.exe
  7. Internet Web Browser

III. PERANCANGAN APLIKASI E-COMMERCE

Gambaran aplikasi e-commerce akan diuraikan sebagai berikut. Mula-mula aplikasi akan menampilkan daftar barang yang tersedia. Lalu pengguna dapat memilih beberapa item yang ingin dibeli. Pada saat pengguna memilih suatu item barang, identitas barang tersebut dicatat, dan selanjutnya user dapat melanjutkan berbelanja / memilih item yang lain. Server mengingat item apa saja yang telah dipesan. Pada saat pengguna melanjutkan browsing, server memelihara track pengguna tersebut dan pengguna tersebut dapat melakukan check out terhadap item-item yang telah dipesan. Perancangan sistem website Aplikasi E-Commerce ini menggunakan UML(unified modeling language), adapun urutan perancangan untuk diagram-diagram tersebut adalah :

3.1. Diagram Use Case
Diagram use case ini menggambarkan user yang menggunakan sistem dan perilaku user (actor) terhadap sistem seperti terlihat pada gambar 1. Dalam sistem website Sistem Informasi ini tedapat 2 aktor yang terlibat ,yaitu :
1.  Administrator
2.  Pengunjung




Gambar 1 Aktor Sistem
Use Case sistem website aplikasi e-commerce yang penulis desain adalah seperti terlihat pada gambar 2.


Gambar 2. UseCase Website Aplikasi E-Commerce
Penjelasan dari UseCase Website Aplikasi E-Commerce adalah sebagai berikut:
1.      Pengunjung (user) melakukan pemesanan melalui beberapa tahapan yang akan dilalui sampai transaksi yang dilakukan berjalan sukses. Tahapan kegiatan yang dilakukan pengunjung diantaranya :
a.       Baca katalog, dimana pengunjung akan melihat semua kategori barang  yang disediakan dengan memilih satu kategori barang dan selanjutnya pengunjung akan melihat produk yang  dipilih.
b.      Pilih Barang, dimana pengunjung akan memilih barang berdasarkan produk yang dipilih dengan membaca terlebih dahulu deskripsi barang dari produk yang dipilih.
c.       Pesan Barang, dimana pengunjung telah memilih barang yang akan dipesan. Pada pemesanan barang ini pengunjung akan memberikan jumlah barang dari masing-masing barang yang dipesan, selanjutnya memberikan identitas pengunjung berupa nama, alamat, nomor telepon, provinsi, kota dan kode pos untuk pengiriman dan pembayaran produk yang dipesan.
d.      Pilih cara bayar, dimana pengunjung telah memberikan informasi mengenai pengunjung, selanjutnya pengunjung akan memilih cara pembayaran yang diinginkan yaitu menggunakan fasilitas kartu kredit dimana keamanan datanya sudah dijamin oleh sistem dan melakukan pembayaran secara tunai atas dasar barang yang dipesan sudah diterima ditempat alamat yang dituju oleh pemesan.
e.       Baca status pesanan, dimana pengunjung akan melihat status transaksi pesanan barang yang dilakukan pengunjung berhasil atau tidak dengan membaca pesan dari sistem.
2.      Administrator (admin), dimana admin memiliki kewajiban untuk menggelola dan merawat sistem e-commerce yang dijalankan dengan memiliki hak untuk update katalog dengan cara menambah, menghapus, dan mengedit yang terjadi pada katalog baik dalam kategori barang dan produk barang yang akan ditawarkan kepada pengunjung. Update data customer yaitu melakukan perubahan atas status pesanan dari pengunjung mulai dari new, shipped, paid, cancelled dan completed. Update data toko yaitu melakukan perubahan mengenai identitas perusahaan mulai dari alamat, telepon, email, simbol mata uang dan biaya pengiriman.

Pada aplikasi e-commerce ini penulis akan mendeskripsikan role  yang menjelaskan wewenang pada role tersebut dalam perangkat lunak. Adapun role dari aktor dapat dilihat pada tabel berikut:
Tabel 1. definisi aktor
ID
Actor
Deskripsi
AC-01
Pengunjung
Actor dengan role ini mempunyai wewenang untuk melakukan registrasi pemesanan serta melihat informasi-informasi yang berhubungan dengan semua category produk yang ditawarkan perusahaan
AC-02
Admin
Actor dengan role ini mempunyai wewenang untuk mengelola hak akses administrator pada aplikasi e-commerce. Admin berhak untuk manambah category product, update customer, update toko info  pada aplikasi e-commerce.

3.3. Skenario Use Case
Skenario (flow of event) untuk beberapa use case utama, yang menggambarkan urutan interaksi actor dengan use case tersebut, dari awal sampai akhir adalah sebagai berikut:
Nama Use Case           : Pemesanan Produk
Deskripsi         : Pengunjung melakukan pemesanan produk melalui sistem dengan
membuka aplikas e-commerce
Pre-kondisi      : Sistem Menampilkan HalamanUtama
Skenario          :
Aksi Actor
Reaksi Sistem
Skenario Normal

1.       Membaca Daftar Category Product

2.       Memilih Category Product


3.       Menampilkan daftar produk dari basisdata ke layar
4.       Memilih Product


5.       Menampilkan deskripsi product dan harga per unit dari basisdata ke layar.
6.       Menekan Tombol Add To Cart


7.       Memasukkan data product yang dipilih ke halaman cart content berikut nama, harga dan total harga  dari basisdata ke layar
8.       Menekan tombol Go To Shopping


9.       Menampilkan form cart dari basisdata ke layar
10.    Memasukkan jumlah product yang diinginkan


11.    Memeriksa jumlah product dari stock product basisdata
12.    Menekan Tombol Update


13.    Menyimpan perubahan Jumlah pesanan product pelanggan ke basisdata
14.    Menekan Tombol Melanjutkan Belanja


15.    Sistem Kembali ke Halaman Utama Category  product
16.    Menekan Tombol Hapus


17.    Sistem Akan Menghapus Product yang dipilih dan tidak tampak lagi pada form cart
18.    Menekan Tombol Proceed To Checkout


19.    Menampilkan form isi data pengiriman dan jenis pembayaran yang dipilih berikut tombol pilihan metode  pembayaran yaitu cash on delivery pembayaran tunai dan paypal pembayaran menggunakan kartu kredit
20.    Mengisi data yang diminta oleh form Pengiriman dan Pembayaran

21.    Memilih Jenis Pembayaran

22.    Menekan Tombol Proses


23.    Menampilkan Halaman confirm order berupa informasi pesanan dan data pemesan berikut tombol  Modifyshipping/payment info untuk kembali ke halaman form data pengiriman dan  Confirm Order untuk melihat status pemesanan
24.    Menekan Tombol Confirm Order


25.    Menampilkan informasi status dari pemesanan
      produk
Kondisi Akhir
Sistem akan memberikan informasi transaksi pemesanan berupa status pemesanan
Skenario Alternatif

1. Memilih menu Daftar Produk


2. Menampilkan pesan ‘Tidak ada produk’

3.4.  Diagram Activity
Pada Gambar 3 dijelaskan aktivitas dari model sistem aplikasi  e-commere CV Media Komputer, setelah memasuki halaman home, user dapat memilih pilihan menu yang terdapat dihalaman home, menu utama yang terdapat adalah all category, main content area, mini cart dan pada menu-menu tersebut terdapat menu-menu lainnya.
Gambar 3. Diagram Activity

Gambar 4.Diagram Activity Administrator

3.5. Diagram Sequence
Diagram sequence merupakan diagram yang menunjukkan perilaku dinamik, dan interaksi antara objek-objek yang terdapat pada sistem.


Gambar 5. Diagram Sequence Login Admistrator
Gambar 7. Diagram Sequence Pilih Category Pengunjung



Gambar 8. Diagram Sequence Menghitung Biaya Pesanan


Gambar 9. Diagram Sequence Update Jumlah Pesanan


Gambar 10. Diagram Sequence Proses Checkout

Gambar 11. Diagram Sequence Proses Pembayaran

3.6. Struktur Navigasi
Struktur navigasi adalah struktur atau alur dari suatu program (navigasi) yang merupakan perancangan hubungan dan rantai kerja dari beberapa area yang berbeda dan dapat membantu mengorganisasikan seluruh elemen dalam website.

Gambar 12. Struktur Navigasi Aplikasi E-Commerce CV. Media Komputer
4.7. Rancangan Database



Gambar 13. Rancangan Basis Data Aplikasi Web E-Commerce
4.8. Keamanan Nomor Kartu Kredit dalam  
       Basis Data
Nomor kartu kredit tidak disimpan di dalam basis data, karena dapat mengurangi keamanan. Perangkat komputer dapat dinilai sebagai suatu alat yang tidak aman, karena dapat diakses oleh orang lain. Bila digunakan ISP (Internet Service Provider) untuk hosting web site ini, tentunya akan sangat diragukan keamanannya, Yang diperlukan oleh aplikasi ini adalah memvalidasi nomor tersebut saja, dan segera menghapusnya dari memori setelah selesai. Jika nomor kartu kredit ini tidak pernah dituliskan ke hardisk, akan menjadi sangat aman karena akan terhindar dari kemungkinan pencurian oleh yang tidak berhak.

Gambar 14. Komunikasi Antar Situs dan Penghapusan Informasi Kartu

IV. PEMBAHASAN DAN IMPLEMENTASI

4.1    Pembahasan
Aplikasi e-commerce yang dirancang, pengunnjung dapat melihat semua kategori yang dimiliki oleh CV. Media Komputer dan bagian dari kategori  produk yang ditawarkan berikut gambar dan deskripsi dari masing-masing produk, agar pengunjung dapat lebih jelas produk yang akan dibelinya. Pengunjung dapat melakukan transaksi pembelian perangkat lunak dengan mengklik gambar yang ada pada media yang tersedia.
Pengunjung dapat melanjutkan belanjanya dengan mengklik tombol melanjutkan belanja. Apabila pengunjung ingin mengakhiri proses belanja pengunjung dapat mengklik tombol proceed to checkout, selanjutnya pengungjung menentukan pilihan untuk jenis pembayaran yaitu:
1.Paypal yaitu pengunjung melakukan pembayaran dengan mengunakan kartu kredit berlogo Visa, MasterCard, Discover, Amex dan kartu kredit yang dapat digunakan di paypal antara lain HSBC Visa, BNI Visa, Mandiri Visa, Citibank Mastercard, BCA Mastercard dan BRI Mastercard.
2.Cash on Delivery yaitu pengunjung melakukan pembayaran atas pembelian perangkat komputer setelah barang diantar ke alamat yang diberikan pengunjung.
Berikut ini adalah alur pembayaran dengan menggunakan Paypal:


Gambar 15. Pembayaran Melalui Paypal

Untuk keamanan, e-commerce CV. Media komputer menggunakan fasilitas cookies dan data-data kategori pilihan dan setiap pengunjung atau pelanggan dienkripsi dengan menggunakan teknologi md5 dari RSA Inc.

4.2. Pengujian terhadap Aplikasi E-commerce
Pengujian ini dilakukan agar dapat mengetahui apakah program              e-commerce yang telah dibuat berhasil dijalankan atau tidak. Adapun hasil aplikasi e-commerce untuk admin dengan menggunakan php dan mysql adalah sebagai berikut :
Gambar 16. Halaman Login untuk Admin
Berikut ini adalah tampilan halaman utama untuk admin setelah memasukkan nama pengguna, password dan kemudian klik login.


Gambar 17. Halaman utama untuk Admin

Berikut ini adalah tampilan menu category yang digunakan admin.

Gambar 18. Halaman Menu Category untuk Admin

Adapun hasil aplikasi e-commerce untuk pelanggan dengan menggunakan php dan mysql adalah sebagai berikut :


Gambar 19. Halaman Utama untuk Pelanggan
Gambar 20. Halaman Transaksi Belanja untuk Pelanggan

Gambar 21. Halaman form Identitas untuk Pelanggan


Gambar 22. Pembayaran Secara Cash on Delivery

Gambar 23. form pembayaran dengan kartu kredit
V. KESIMPULAN

Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian yang telah dilakukan adalah sebagai berikut :
1.  Sistem Aplikasi e-commerce yang telah dibuat mempuyai kemampuan untuk menerima transaksi dari pengguna dan sistem melakukan balasan sesuai dengan cara metode transaksi pembayaran yang dipilih oleh pelanggan.
2.      Informasi pada tabel data category, product, order, user dan shop config dapat dilakukan update sesuai dengan keperluan, sehingga informasi yang diterima pelanggan adalah yang terbaru.
3.  Aplikasi e-commerce yang telah dirancang untuk CV Media Komputer ini menggunakan metode pembayaran paypal untuk pengguna yang memakai kartu kredit berlogo HSBC Visa, BNI Visa, Mandiri Visa, Citibank Mastercard, BCA Mastercard dan BRI Mastercard dan Cash on Delivery.
4.  Keamanan data-data yang ada pada Aplikasi e-commerce ini akan dienkripsi  dengan menggunakan teknologi md5 dari RSA Inc. Dan untuk keamanan kartu kredit yang digunakan pelanggan dilakukan melalui media paypal yang sudah memiliki security yang handal dan dijamin kemampuannya untuk menjaga keamanan data yang dimiliki oleh pelanggan.

DAFTAR PUSTAKA

1.Efraim Turban, Ephrain McLean, James Wetherbe, Information Technology For Management, John Wiley & Sons Inc, 2001.
2.HM, Jogiyanto, Analisis & Desian : Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Toeri dan Praktek Aplikasi Bisnis. Andi Offset. Yogyakarta: 2005
3.Hoffer, A. Jefrey. Modern Sistem and Analys and design. Benyamin Cumming Publishing Company Inc :2004
4.Ian Sommerville, Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Jakarta, Erlangga :2002
5.Jeffery L. Whitten, Lonnie D. Bentley, Kevin C. Dittman. Metode Desain dan Analisis Sistem. Mc Graw Hill Education:2004
6.Luke Welling and Laura Thomson. ”PHP and MySQL Web Development”. Second Edition, Indiana :Sams Publishing. 2005
7.Minoli, Daniel Mindi Emma, Web Commerce Technology Handbook, Mc Graw Hill :1998
8.M Syafii, Membangun Aplikasi Berbasis PHP dan MYSQL, Andi Offset, 2000

9.Triton PB, Mengenal E-commerce dan Bisnis di dunia Cyber, Argo Publiser, Yogyakarta, 2006

No comments:

Post a Comment